Tactile Map – Jendela Dunia Lewat Indera Peraba

Belum banyak artikel yang membahas tentang  satu bentuk peta ini dalam bahasa Indonesia. Bahkan boleh jadi kalau penulis tidak terlalu ke Ge-Er an tulisan di Blog ini adalah tulisan Pertamax yang coba mengulas tentang “tactile map” dalam bahasa Indonesia.

Tactile Map, sebuah peta yang dibuat timbul untuk membantu orang yang memiliki keterbatasan untuk melihat mengetahui kondisi ruang sekotarnya. Setidaknya peta memiliki tiga fungsi bagi penggunanya, yaitu sebagai media orientasi medan, Navigasi, dan untuk mengidentifikasi tujuan. Tentu para pembaca sekalian sering melakukan tiga hal tersebut dengan peta. Dari kegiatan interpretasi peta untuk ketiga tujuan tersebut kemudian seseorang dapat memperoleh satu gambaran spasial (keruangan) tentang wilayah yang tergambar pada peta, sehingga pengguna peta memiliki pengetahuan tentang apa berada dimana, seberapa besar, dsb pada daerah yang dipetakan.

Bagaimana seorang buta melakukan perjalanannya?

Seorang yang memiliki keterbatasan melihat dalam melakukan perjalanan biasanya dipandu dengan tongkat jalan, anjing pemandu atau alat bantu lain. Kita mengenal begitu banyak perangkat media modern yang ada saat ini. Peta, GPS Navigation System dan perangkat lain. Perangkat tersebut jika didesign untuk membantu mereka yang kesulitan untuk melihat maka dapat membantu dalam mengurangi “barrier” mereka terhadap lingkungannya dengan biaya yang lebih ekonomis. Dan penelitian menunjukkan bahwa tactile map ini dapat memberikan pemahaman ruang yang lebih komperhensif pada penggunannya dibanding dengan perangkat konvensional yang telah disebut diatas.

Tactile map dikategorikan menjadi dua yaitu Peta orientasi yang memuat banyak indormasi dan hand held map yang dibuat untuk digunakan secara personal.

Peta orientasi biasa dibuat untuk digunakan secara permanen dibuat diatas logam dan tidak portabel. dibuat untuk memberikan informasi di tempat-tempat fasilitas umum terkait dengan jalan evakuasi darurat, dan pemahaman tata letak di museum dsb.

Orientation map

Sementara portable tactile map dibuat untuk kepentingan personal. Dibuat pada kertas untuk menunjukkan atau memberikan informasi tentang wilayah atau ruang gerak baginya.

Portable tactile map

Informasi yang disajikan dalam tactile map bisa sederhana atupun kompleks namun harus tetap mudah untuk diinterpretasi dan dibaca. Peta sederhana hanya terdiri satu set garis yang menggambarkan rute jalan. sementara peta yang kopmpleks dapat memuat banyak informasi seperti lokasi gedung, simbol dare landsekap fitur lain.

Tactile Map – Jendela Dunia Lewat Indera Peraba

Satu pemikiran pada “Tactile Map – Jendela Dunia Lewat Indera Peraba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s