Aksi Pelajar Peduli Pemilukada Kota Yogyakarta

Aksi Pelajar

Agaknya Memang sedikit nggeser dari pakem Blog ini yang semestinya nggeografi. Wuss jangan salah geografi tidak apatis terhadap politik. bagaimana alam ini kemarin, sekarang, dan bahkan di depan. Bagaimana Bumi ini dikelola, bagaimana sumber penghidupan diwariskan, sangat bergantung pada lembaga macam apa, orang macam apa, keluarga macam apa, masyarakat macam apa, dan negara macam apa yang bertindak diatas alam. Tentunya juga HUKUM macam apa yang dijadikan dasar pengelolaan bumi tempat berpijak.

Ya, boleh jadi pemerintah (eh salah saya agak ngga sepakat dengan bahasa itu- makanya mereka jadi tukang merintah) Abdi rakyat A.K.A Politik, demokrasi begitu katanya yang ada di Indonesia menjadi satu bagian penting dari bagaimana menciptakan sesuatu yang jadi tagline Blog ini, harmony in Our earth.. sadaap. Bahkan boleh jadi apa yang terjadi terhadap gunung emas anda, apa yang terjadi terhadap lembah batu bara anda, atau gudang berlian dan lautan mutiara anda sangat tergantung dari siapa yang punya kuasa, siapa yang bikin hukum dan kebijakan di atas sana.

So? kenapa so? Kontribusi! lakukan apa yang mungkin bisa Anda lakukan untuk berperan dalam setiap perubahan yang bisa kita berikan. Apa kita mau kalau bumi kita (termasuk kita didalamnya) diatur sama orang yang sok bijak- bijaksana,bijaksini,bijaksitu- Yup kita punya hak untuk menentukan. tinggal mau dipake atau engga. kita pun punya hak untuk bersuara, tinggal mau bersuara atau diam (silent is not gold), dan kita pun punya hak untuk menyampaikan maka saya mau menyampaikan lewat tulisan ini.😀

Belum genap sepekan lalu agaknya ada momen yang menggelitik, ya menggelitik. Puluhan siswa kota yogyakarta turun ke jalan. Gak nanggung-nanggung di CBD (Central Bussiness District)hasyah -ne Kota jogja gan, jalan Malioboro. Puluhan anak belasan tahun itu mengajak masyarakat yang notabene wis akeh mangan asem garem untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Mereka meneriakkan anti Politik uang, pemilu yang bersih, dan partisipasi cerdas masyarakat dalam menentukan pemimpin kota yogyakarta. Padahal yo nek tak pikir-pikir mereka po ya pernah milih sebelumnya? Wew sekarang njuk siapa yang lebih bijak nek ngene coba? Yup Pemuda, kalau pemuda gak punya semangat mereka ga punya apa-apa.

jadi ceritanya begini, Kota Yogyakarta sebentar lagi akan mengelar hajatan besar. Berupa Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.  Kalangan masyarakat dituntut untuk menggunakan hak pilihnya secara aktif. Begitu pula kalangan pelajar. Namun disayangkan bahwa pelajar saat ini terutama di kota Yogyakarta masih terkesan apatis/tidak peduli terhadap hak pilihnya. Tentu saja hal ini akan berdampak buruk bagi jalannya demokrasi di masa mendatang. Pelajar sebagai kaum terdidik sudah saatnya ikut menjadi pemilih yang aktif dan cerdas. Pemilih cerdas adalah pemilih yang mengenal latar belakang calon pemimpin dengan baik sehingga tidak asal pilih. aihhihi (iki copas seko media).

      Sekelompok pelajar yang menemakan dirinya sebagai pelajar Peduli Pemilukada itu berkumpul di DPRD dan kemudian melakukan aksi menyusuri jalan Malioboro sampai ke sekitaran kilometer 0. Sepanjang jalan mereka mengajak masyarakat terutama pelajar dan pemuda lain untuk memilih dengan cerdas. memilih dengan alasan yang tepat. dengan memahami betul bahwa calon yang dipilih adalah calon yang mereka paham betul latar belakang dan visinya kedepan. mau tau calonnya? coba cario dewe dengan klik di sini. Ga ada ya, hmmm berarti masih ada lowongan tuh staff IT di KPU jogja.. (Lha wong yang di DPR aja masih butuh ko mas staff IT, min: bisa bikin email)  mereka juga membagi-bagiakan sticker dan flyer pada masyarakat sekitar (sik lagi blonjo, lha di pasar je), mengajak untuk hadir dan berpartisipasi memilih di tanggal 25 September 2011 nanti di TPS terdekat di rumah mereka.

Sticker ayo memilih

Kuntum Afifah selaku ketua Aksi Pelajar Peduli Pemilukada berharap bahwa dengan aksi ini pelajar tidak lagi menganggap bahwa politik hanya untuk kalangan sepuh saja tapi juga kaum pelajar. Sehingga pelajar juga mempergunakan hak pilihnya dengan baik. Dengan aksi ini pula, semoga masyarakat dapat melihat bahwa ada banyak pelajar yang peduli terhadap jalannya pemilihan pemimpin di Kota Yogyakarta tercinta ini.  (iki seka media meneh)

Nah kalau pelajar peduli, maka Mahasiswa? Geograf Harusnya lebih peduli…  For Harmony in our Earth…

Imam.Idrisi-Minggir 11 9 2011

Aksi Pelajar Peduli Pemilukada Kota Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s