Utak Atik Google Earth: Menggunakan Image Overlay Tool di Google Earth

Menggunakan google earth sebagai alat bantu dalam memahami kondisi wilayah yang menjadi objek survey sedikit banyak telah dapat memberikan gambaran bagi surveyor tentang kedaan daerah tujuan surveinya. Salah satu cara dalam upaya pemahaman wilayah tujuan survey itu dapat dilakukan overlay peta rupabumi hasil scan ke dalam google earth, maka gambaran obyek survey menjadi lebih jelas adanya. Image file format yang bisa ditampilkan di Google Earth diantaranya jpg, bmp, gif, tiff, tga, png, dsb. Termasuk juga aerial photography (foto udara), satellite image (IKONOS, Quick Bird, SPOT dll) atau raster image file hasil export dari ArcGIS dan GIS software lainnya.

Sebagai latihan silahkan download peta rupabumi Bengkulu hasil scan yang sudah saya sediakan (download link tersedia dibawah). Kemudian buka Google Earth dan arahkan ke sekitar Bengkulu atau ketikkan pada form Fly to di kiri atas dengan keyword Bengkulu. Untuk mengaktifkan fungsi ImageOverlay Tool, klik pada icon berikut ini

Selanjutnya sebuah window baru dengan nama New Image Overlay akan tampil. Dari window tersebut isikan form Name (misalnya Bengkulu) kemudian klik browse dan arahkan pada file Bengkulu.jpg yang telah Anda download. Jika file image telah terlihat seperti gambar dibawah ini, berarti langkah Anda sudah benar. Langkah selanjutnya adalah georeferencing image..

Untuk  georeferencing image, arahkan pada tab Location. Disini Anda diminta untuk mengisi form nilai koordinat dengan sistem proyeksi Geographic. Koordinat yang diminta adalah North-East (pojok kanan atas) dan South-West (pojok kiri bawah) dari image yang akan dioverlay kan. Sebelumnya saya sudah mencatat koordinat dari file latihan yang saya sediakan. Koordinat tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Sebelum klik OK, Anda bisa mengatur slider Transparency agar image yang tersedia diGoogle Earth masih bisa terlihat. Jika kesullitan silakan anda memanfaatkan ilmu kirologi (kira-kira)..

Setelah mengklik OK dari tampilan window  diatas, maka posisi image telah sesuai dengan proyeksi yang terdapat di Google Earth. Selanjutnya adalah menampilkan fungsi 3D View di Google Earth. Fungsi 3 dimensi ini tersedia jika Anda telah mengaktifkan (dengan melakukan centang) fungsi Terrain di Menu Layers. Lihat gambar dibawah.

Untuk mendapatkan nilai ketinggian yang lebih “ekstrem” dari nilai sesungguhnya, Anda bisa melakukan eksagerasi, sehingga puncak gunung bisa terlihat sangat tinggi. Untuk melakukan hal ini klik Tools dan pilih Options. Pada tab 3D View dibawah slider Terrain Quality, isi Elevation Exaggeration dengan nilai maksimum yaitu 3. Klik OK. Lihat gambar dibawah

Dari arah barat daya

terrain

Dari Utara

Sumber: http://gisiana.info/

Download peta rupabumi bengkulu:

http://www.ziddu.com/download/8449283/bengkulupeta.jpg.html
Utak Atik Google Earth: Menggunakan Image Overlay Tool di Google Earth

2 pemikiran pada “Utak Atik Google Earth: Menggunakan Image Overlay Tool di Google Earth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s