Tradewind (Angin Pasat)

Wilayah subtropika merupakan daerah bertekanan udara tinggi atau sering disebut dengan lintang kuda (horse latitude), sedangkan daerah khatulistiwa merupakan daerah pusat tekanan rendah. Oleh karena itu, berhembuslah angin dari wilayah subtropika kea rah khatulistiwa baik dari belahan bumi selatan maupun dari belahan bumi utara. Angin ini disebut sebagai tradewind atau angin pasat. Angin pasat termasuk kedalam angin tetap atau nagin yang bertiup sepanjang tahun. Terdiri dari angin pasat timur laut di belahan bumi utara dan angin pasat tenggaradi belahan bumi selatan.

Di sekitar khatulistiwa, kedua angin pasat ini bertemu. Karena daerah ini bertekanan rendah, angin akan memuat naik secara vertical (konveksi), daerah pertemuan kedua angin pasat itu dinamakan ITCZ (Intertropical Convergence Zone) atau DKAT (daerah Konvergensi Antartropis). DKAT ditandai dengan temperature yang selalu tinggi.

Akibat kenaikan massa udara ini, wilayah DKAT terbebas dari adanya angin topan, sering disebut juga sebagai doldrum (wilayah tenang). Kenaikan massa udara ini juga sangat terkait denga curah hujan yang tinggi di daerah tropis.

Massa angin pasat yang naikdi DKAT scara vertical kembali bergerak mendatar(adveksi) kearah subtropics pada paras atas atmosfer . angin ini disebut angin antipasat. Massa udara ini kembali bergerak turun (subsidensi) di daerah subtropics .iinilah yang menyebabkan daerah subtropics merupakan daerah kering. Karena tidak terjadi konveksi yang membawa bahan bakara dari terbentuknya awan.

Sumber

  1. Bayong.T.H.K. 2004. KLIMATOLOGI. Bandung. ITB

2.  Potter, Thomas D dan Colman, Bradley R. 2003. Handbook of Weather Climate and water. New Jersey:John Willey and Son.

Inc.

Tradewind (Angin Pasat)

7 pemikiran pada “Tradewind (Angin Pasat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s