Al Idrisi, Pembuat Bola Dunia Abad Pertengahan

Al Idrisi lebih dikenal di dunia barat sebagai seorang geograf yang telah membuat globe (bola dunia) dari perak seberat 400 kg untuk Raja Roger II dari Sisilia. Bahkan, beberapa ahli mengatakan bahwa ia merupakan geograf dan kartograf terbesar pada abad pertengahan. Selain bidang geografi, Al Idrisi juga berjasa pada bidang kedokteran.

Abu Abdullah Muhammad Ibn Muhammad Ibn Abdullah Ibn Idris Ash-Sharif atau lebih dikenal dengan Al Idrisi lahir pada tahun 1099 M di Ceuta, Spanyol. Al Idrisi menempuh pendidikan di Cordoba, Spanyol. Sebagaimana lazimnya geograf muslim, ia berkeliling ke berbagai tempat, termasuk Eropa, untuk mengumpulkan data geografi. Perkembangan umat Islam pada bidang geografi saat itu telah mencapai tahapan dimana pengukuran permukaan bumi sudah dapat dilakukan secara tepat, serta sebagian peta dunia telah tergambar dengan baik. Al Idrisi menggabungkan pengetahuan yang sudah ada degan penemuannya sendiri. Dengan kemampuannya itulah ia menjadi terkenal dan mulai mendapatkan perhatian dari para navigator laut serta ahli strategi militer.

Ketenaran serta kemampuan Al Idrisi pada akhirnya mempertemukannya dengan Raja Roger II, yang menugaskannya untuk memproduksi peta dunia terbaru saat itu. Al Idrisi kemudian membuat bola dunia dengan mengukir bola perak seberat 40 kg. Dalam bola dunianya, Al Idrisi mengambarkan ketujuh benua beserta rute perdagangannya, danau-danau serta sungai-sungai, kota-kota besar, dan yang tidak boleh dilupakan dataran serta pegunungan. Ia juga tak lupa mencantumkan informasi mengenai jarak, waktu tempuh serta ketinggian wilayah pada saat itu. Bola dunia buatannya kemudian disertakan bersama buah karyanya berupa buku yang berjudul Al Kitab Al Rujari (Rogers’s Book). Selain dalam bentuk bola dunia, ia juga membuat peta dunia dalam bentuk piringan.

Buku lain yang ia tulis di antaranya berjudul Nuzhat Al Mushtaq fi Ikhtiraq Al Afaq yang merupakan ensiklopedia tentang geografi dari negara-negara Eropa, Afrika, dan Asia. Buku tersebut kemudian berkembang lagi menjadi ensiklopedia yang lebih komprehensif yang berjudul Rawd Unnas wa Nuzhat Al Nafs’.

Al Idrisi menjadi jauh lebih terkenal dari kalangan geograf Muslim lainnya dikarenakan kapal-kapal beserta ahli-ahli navigasi dari Laut Mediterania menerjemahkan buku-bukunya ke dalam bahasa Latin sehingga dikenal selama berabad-abad. Terjemahan bukunya diterbitkan di Roma pada tahun 1619 M. Yang lebih hebat lagi, Christopher Columbus menggunakan peta yang dibuat oleh Al Idrisi. Al Idrisi wafat sekitar tahun 1166 M. (http://www.ezboard.com/db)

(www.geografiana.com)

Al Idrisi, Pembuat Bola Dunia Abad Pertengahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s