El Nino Tetap Harus Diwaspadai

torres1Menghadapi musim depan agaknya Liverpool masih mempercayakan lini depannya pada striker Timnas Spanyol Fernando El-Nino Toress. Walau musim ini bermunculan pesaing baru dan lama yang bangun tidur, Elnino masihlah striker yang harus diwaspadai setiap pemain di lini belakang tim lawan.

Lho-lho-lho ki bukanne blog hijau mas??

Iya Hijau Lapangan hijau…. hehe bercanda dikit…Yo serius yo. Emm El nino

El nino oh elnino, seakan terus menjadi perbincangan yang hangat di bulan-bulan di pertengahan tahun ini. Apakah gerangan itu? Makanan apa itu? Enakkah? Kayakna, lha wong namanya keren “El-Nino”

Tapi ternyata dampak dari Elnino ini tak sekeren namanya. Wah-wah bahkan mungkin efeknya sama ketika gawang kita dijebol oleh Elnino Torres sanz….

Pengaruh El nino yang berdampak pada pengurangan curah hujan di Indonesia tidak hanya menjadikan musim kemarau lebih panjang,  tetapi juga menimbulkan kekhawatiran bagi kalangan petani. Yaiyalah, ketika elnino benar-benar terjadi, selain petani mengalami kemungkinan gagal panen juga memngakibatkan beberapa daerah benar-benar akan kekurangan air. Yuk sekarang pada dihemat airnya!

Sek-sek sebentar dah pada tahu elnino yang dimaksud kan?? Belum? Wah untung aku belum ngoceh kepanjangan. Anu itu lho sebuah fenomena yang terjadi di bagian timur dan tengah samudra pasifik, fenomena ini berupa panasnya permukaan air laut di samudra pasifik yang biasanya diatas suhu normal. Nah itu menyebabkan musim kemarau panjang di indonesia. Ada lagi lawan dari fenomena itu yang disebut La-nina (haduh!! Isterinya kali ya?). itu menyebabkan curah hujan tinggi di Indonesia..

elnino

Lanjut? Yuuu marii.

Kata pak Kepala Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM Dr Sunarto MS. Diliput KR sich sebenarnya aku Cuma ngutip. “El-Nino tidak terjadi tiap tahun (rata-rata 4 tahunan). Untuk tahun 2009-2010 diperkirakan ada pengaruh El-Nino. Yang mengakibatkan kemarau panjang.”

Dijelaskan untuk mengantisipasi dampak dari El-Nino diperlukan seorang bek tangguh yang bisa… dah bercanda-bercanda ayo benang merahnya mana? (OVJ mode) sampe mana tadi? Untuk mengantisipasinya pemda kudu memperhatikan pengelolaan selokan Mataram. (tuk DIY) itu kata pak Dr Sunarto MS bukan kata saya.

Seandainya pengaruh El-Nino benar-benar sampai ke Indonesia, Dikhawatirkan wilayah DIY akaan dilanda kemarau panjang. Bahkan diprediksi hingga maret 2010 belum akan turun hujan. Walau Cuma prediksi, ga ada salahnya ta pihak terkait mewaspadai hal tersebut.

Selama ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kekeringan dapat diatasi dengan hujan buatan. Padahal untuk menciptakan hujan buatan tidak mudah. Karena hujan buatan baru bisa terjadi jika awannya Comolonimbus,” (nahlo awan comolonimbus kayak apa tuh) jelasnya sambil mengatakan bahwa hujan buatan bukan berarti membuat hujan tetapi menebari awan dengan garam sehingga terangsang untuk menimbulkan hujan.

Sementara kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG stasiun Geofisika Yogyakarta Tony Agus Wijaya Ssi menjelaskan, pengaruh El-Nino terhadap pengurangan curah hujan di Indonesia sangat ditentukan pada suhu perairan pada september 2009. Berdasarkan pengamatan dan dataa-data yang ada di BMKG, saat ini tekanan udaranya tidak cukup untuk mendorong masa uap air ke pasifik tengah. Nah tadi kan dah dijelasin kalau el nino adalah fenomena yang terjadi di bagian timur dan tengah samudra pasifik, fenomena ini berupa panasnya permukaan air laut di samudra pasifik yang biasanya diatas suhu normal sedangkan suhu perairan indonesia mendingin. Nah ini menyebabkan tekanan udara di perairan Indonesia lebih tinggi. Sehingga masa udara yang penuh dengan uap air tertarik dan mengalir ke arah pasifik. Dampaknya ya jelas curah hujan di Indonesia kan berkurang..

el-nino-diagram

Terangnya lagi “El-Nino pernah terjadi di Indonesia pada Seeptember 2007. Dimana Anomali suhu perairan Indonesia minus 0,6 derajat Celcius atau lebih dingin daei perairan pasifik (2,3 derajat C).”

Terkait itu tak ada salahnya seluruh pihak yang terkait untuk tetap waspada kalau-kalau Fenomema itu terjadi di Indonesia. Diharapkan hal-hal yang tidak diinginkan bisa terantisipasi sejak dini.

El Nino Tetap Harus Diwaspadai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s