Ditemukan Seamount di laut bengkulu

seamountBaru-baru ini sekelompok ahli Indonesia menemukan adanya Gunung Api Raksasa yang terletak di bawah laut di sekitaran Kepulauan Mentawai.

Puncak gunung ini berada pada kedalaman 1.280 m dari permukaan laut, dan memiliki ketinggian sekitar 4.600 meter pada kedalaman 5.900 meter.

Gunung api ini bisa jadi merupakan gunung api bawah laut terbesar yang pernah diketemukan, menurut Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam (PTISDA) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Yusuf S. Djajadihardja di Jakarta gunung tersebut berada 330 kilometer arah barat Kota Bengkulu.

Potensi Tsunami
Selain itu juga ditemukan sebuah patahan yang amat luas di cekungan busur muka (fore-arc basin) daerah perairan Sumatera.

“Para peneliti memprediksi, mungkin saja patahan ini berpotensi tsunami bila terjadi gempa dengan hanya 6 pada skala richter” jelas Yusuf.

Penelitian-penelitian ini dilaksanakan oleh Tim riset Kelautan BPPT, LIPI, Dep. ESDM, dan CGG-Veritas serta IPG (Institut de Physique du Globe Paris.

(Sumber : Media Indonesia Jum’at 29 Mei 2009, hal.11)

Sehingga dilihat dari kondisi alamm ini, pesisir barat Sumatera memang rentan terhadap bencana. Sudah selayaknya mari kita kurangi risiko bencana dengan program-program nyata yang dilakukan oleh berbagai kalangan, masyarakat, pemerintah, badan kemanusiaan dan dunia usaha. Sinergi untuk hari depan yang lebih baik.

PMI Sudah melakukan program Upaya Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat di Pesisir Barat Sumatera (NAD, Sumut, Sumbar, Bengkulu dan Lampung).

Ditemukan Seamount di laut bengkulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s