Waspada kualitas Air Tanah Menurun

140648pDimasa mendatang krisis air bakal terjadi mengingat aktivitas manusia dan pertambahan populasi penduduk. Kebutuhan air bersih terus meningkat, namun ketersediaan makinmenyusut saatnya bagi manusiapeduli dengan kualitas air. Saatnya, manusia bersatu menekan potensi pencemaran untuk kehidupan anak cucu mendatang.

Kepala BLH Prop DIY mengatakan, Penduduk di pulau jawa, memiliki potensi rentan mengalami kekurangan air. Luas pulau jawa hanya 7 persen darui luas daratan Indonesia. Namun, pulau ini menopang 65 % dari total penduduk Indonesia. Padahal, air tawar yang tersedia di jawa hanya 4,5 % dari total potensi air tawar nasional.

Saat ini air menjadi barang ekonomi tinggi terlebih di musim kemarau. Masyarkat yang berlangganan air bersih juga dikenai tariff yang tinggi. Jadi, kita harus mencari kiat-kiat untuk menggunakan air secara hemat, serta mengubah pola piker dan perilaku dalam memberlakukan air. Dan tak kalah penting adalah menunjukkan budaya menghemat air., ketersediaan air di masa depan bergantung pada cara kita mengelola air saat ini.

Di sisi lain, sungai sebagai sumber air, kualitasnya terus menurun, karena tercemar pleh limbah industry maupun limbah domestic. Kelas air ditetapkan berdasarkan klasifikasi mutu air yaitu kelas I kelas II dan kelas III,. Dari sebelas sungai yang telah diklasifikasi di DIY, rata rata semakin ke hilir kualitasnya berkurang.

Terlebih yang melewati kawasan perkotaan seperi kali Code, Winogo, dan gajahwong, cenderung tercemar. Baik limbah industry, domestik, terutama parameter minyak dan bacteri coli.

Pencemaran yang terjadi seiring meningkatnya aktivitas manusia tidak terelakkan lagi. Untuk limbah cair sebagai sumber pencemaran di DIY berasal dari kegiatan Industri, pelayanan kesehatan , pariwisata, pelayanan bengkel otomotif dan dari rumah tangga.

Hasil survey dan pemetaan sumber pencemar air pada 1.594 lokasi pada 2007 memperlihatkan bahwa kurang lebih 15 %atau 234 sumber memiliki potensi pencemaran. Di 2008, BLH melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap sumber pence,ar di 105 lokasi, secara kualitatifada peningkatan

Sedang untuk limbah rumah tanggayang terdiri dari limbah cair dan bekas cucian, masak mandi dan WC yang langsung dibuang ke lingkungan atau sungai, sangat memengaruhi tingkat kualitas sungai.terlebih maraknya bisnis industry laundry. Karena itu, saatnya limbah-limbah pencemar diolah dahulu sebelu dibuang.

Kedaulatan Rakyat 6 mei 2009

Waspada kualitas Air Tanah Menurun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s