Terumbu Karang Dunia Terancam Rusak

terumbu-karang-rusakSekitar sepertiga terumbu karang duni saa ini mengalami ancaman kerusakan akibat perubahan iklim. Beberapa alas an utamanya adalah penyakit; sedimentasi, pemutihan yang diakibatkan oleh panas cahaya, dingin dan tingkat kegelapan, badai, rumput laut, osteoporiosis, predator. Gas CO2 di udara sebagai residu dari industry dan bisnis di dunia merupakan salah satu factor yang mempercepat kerusakan terumbu karang.

“disamping itu ancaman kerusakan terumbu karang juga dikarenakan kebiasaan hidup manusia di sekitarnya,” kata Nancy Knowlon PhD, ketua ilmu Kelautan di Smithsonian Institution Amerika dalam presentasi Digital Video Converence (DVC) di ruang baca American Corner Perpustakaan UGM. Yang juga menampilkan foto-foto tyerumbu karang laut jamaika dan perairan karibia yang mengalami kerusakan.

Pakar Ekologi pada komite National Geographic Society di bidang penelitian, eksplorasi dan konservasi ini juga mengatakan, kondisi terumbu karang di Discovery Bay, Jamaika, tahun 1975 yang masih tergolong sehat dan dihuni oleh macam habitat ikan. Sepuluh tahun kemudian sudajh dipenuhi oleh rumput laut dan dua decade selanjutnya kondisi semakin memburuk dan kualitasnya menurun 80 %

Hal ini sangat jelas kondisi terumbu karang di perairan karibia berada dalam bahaya. Tidak menutup kemungkinan di belahan dunia lainmengalami kondisi yang sama. Menurutnya inila saatnya untuk bergerak dari sekedar pemahaman menjadi action untuk melakukan upaya konservasi kelautan. Banyak hal yang dapat dilakukan dan banyak pendekatan yang dapat dipakai.

Belajar dari condor conservation approach (pendekatan konservasi burung kondor) yang hamper punah tahun 1986 di amerika, knowlton menyatakan tindakan pendekatan individual dan kemungkinan ada 60 % sepsis yang akan punah karenanya. Perlu berbagai pendekatan untuk dapat menyelamatkan kondisi laut dunia.

Kegelisahan itulah yang membawa nancy knowlton bersama lebih dari 40 orang delegasi AS mengikuti Konferensi Kelautan Dunia dan Prakarsa Segitiga Karang (Coral Triangle Initiative) 2009 di Manado.

Kedaulatan Rakyat 13 mei 2009

Terumbu Karang Dunia Terancam Rusak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s