Hanya Ada di Parangtritis dan Meksiko

IMG_1158Gumuk pasir di sepanjang laut selatan adalah fenomena alam yang sangat langka. Bahkan gumuk pasir dengan karakteristik yang sama hanya dijumpai di meksiko. Sebaran gumuk pasir pantai selatan ini memanjang dari muara sungai opak hingga parangtritis. Jarak terdekat gumuk pasir dari pantai sekitar 200 meter dan terjauh 1,8 kilometer.

Memasuki kawasan pantai parangtritis, kita akan menjumpai hamparan gumuk pasir dengan berbagai bentuk.Gumuk pasir dengan bentuk yang cukup sempurna bisa dijumpai di sekitar lokasi manasik haji.

Kepala Museum Alam dan Ekologi Pesisir serta Laboratorium Geospasial pantai parangtritis Dr I Nyoman Sukamantalya MSc kepada Kr mengatakan, gumuk pasir dapat terbentu denga baik di pantai selatan. Memang gumuk pasir dapat juga dijumpai di daerah lain yang memiliki system sungai yang bermuara ke pantai. Tapi ukurannya kecil. Tidak seluas dan sesempurna yang terbentuk di parangtritis.

Penyebab utama terbentuknya gumuk pasir adalah tenaga angin. Tetapi secara morfoganesa (proses terjadinya gumuk pasir) di pantai laut selatan tidak bisa terlepas  dari proses air laut. Menurut Nyoman, materi pasir hitam dari berbagai aliran sungai yang berhulu dari gunung Merapi dan bermuara di laut selatan akan mengalami proses penggerusan atau penghalusan dengan adanya gelombang ombak. Deburan ombak dapat mengubah pasir menjad butiran sangat halus berukuran 0,02 mikron, sehingga mampu diterbangkan oleh angin dengan kecepatan 2 m/s.

Tapi sayang, pembentukan gumuk pasir itu kini menjadi tidak sempurna. Maraknya kegiatan penambangan pasir di sejumlah aliran sungai menyebabkan suplai materi pembentuk gumuk pasir berkurang.

Selain itu pembentukan gumuk pasir juga terganggu oleh pemukiman yang makin tumbuh subur  di wilayah sekitar. Berdasarkan data dulu gumuk pasir berbentuk bintang, sejajar dengan pantai atau bentuk sabit mudah dijumpai.

Sekarang bentuk itu memang masih ada, tapi tidak ideal. Kalaupun ada yang ideal sebagian sudah rusak. Hanya disekitar wilayah manasik haji saja yang proses pembentukkanya masih ideal.

Masyarakat memang tidak sepenuhnya salah. Mereka tahu bahwa gumuk pasir itu adalah kekayaan alam. Tapi masyarakat belum bisa menggali secara arif menfaatnya. Tidak hanya masyarakat, bahkan para ahli pun semula tidak tahu keelokkan gumuk pasir Parangtritis.

“ini baru muncul ketika Fakultas Geografi UGM sering kedatangan tamu dari luar negeri dan menyuarakan bahwa kita meiliki harta karun”. Ujarnya. Sebelumnya, tidak ada yang peduli dengan keberadaan gumuk pasir.

Kedaulatan Rakyat, Jumat 1 mei 2009

Hanya Ada di Parangtritis dan Meksiko

Satu pemikiran pada “Hanya Ada di Parangtritis dan Meksiko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s